Skip to main content

7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

 
The 7 Habits of Highly Effective People (7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif)

Stephen R. Covey, pimpinan Covey Leadership Center dan Institut for Principle -Centered Leadership. Pengarang buku dan artikel tentang kepemimpinan, efektivitas pribadi, hubungan keluarga dan interpersonal.

Buku The 7 Habits of Highly Effective People ini terbagi menjadi 4 bagian:
Bagian I: Paradigma dan Prinsip
Bagian II: Kemenangan Pribadi
Bagian III: Kemenangan Publik
Bagian IV: Pembaharuan

Bagian I: Paradigma dan Prinsip
Pada bagian ini dijelaskan bagaimana persepsi terbentuk, bagaimana persepsi mempengaruhi cara kita memandang, dan bagimana cara kita memandang akan  mempengaruhi cara kita dalam berperilaku.

Character Ethic dan Personality Ethic
Character Ethic (etika karakter) sebagai dasar dari keberhasilan meliputi integritas, kerendahan hati, kesetiaan, pembatasan diri, keberanian, keadilan, kesabaran, kerajinan, kesederhaan, kesopanan dan kebaikan. Character ethic mengajarkan prinsip-prinsip dasar kehidupan yang efektif jika kita mengintegrasikan prinsip-prinsip itu ke dalam karakter dasar kita.

Kemudian pandangan dasar tentang keberhasilan berkembang dari character ethic (etika karakter) menjadi personality ethic (etika kepribadian). Menurut personality ethic, keberhasilan merupakan suatu fungsi kepribadian, citra masyarakat, sikap dan perilaku, keterampilan dan teknik yang mempengaruhi proses interaksi manusia. Pada dasarnya, personality ethic terbagi menjadi 2 bagian: teknik interpersonal relationship dan positive mental attitude (PMA).

Kedua etika diatas baik, tapi dalam porsinya masing-masing. Character ethic merupakan hal yang primer, personality ethic merupakan hal sekunder. Analoginya seperti sebuah rumah, character ethic adalah pondasi rumah sedangkan personality ethic adalah desain dan tata bangunan rumah. Untuk menjadi rumah yang baik diperlukan pondasi yang kokoh, dengan tata bangunan yang baik juga.

Kekuatan Paradigma
Paradigma adalah cara kita memandang dunia, bukan berkaitan dengan visual melainkan berkaitan dengan persepsi, mengerti dan menafsirkan. Cara kita memandang sesuatu adalah sumber dari cara kita beripikir dan cara kita bertindak.

Definisi Kebiasaan
Kebiasaan: titik pertemuan dari pengetahuan, keterampilan dan keinginan. Pengetahuan adalah paradigma teoretis, apa yang harus dilakukan dan mengapa. Keterampilan adalah bagaimana melakukannya. Keinginan adalah motivasi untuk melakukan.
Paradigma 7 kebiasaan efektif akan dijelaskan dalam 3 bagian berikutnya:
1. Kemenangan Pribadi
a. Jadilah Proaktif - Prinsip Visi Pribadi
b. Merujuk pada Tujuan Akhir - Prinsip Kepemimpinan Pribadi
c. Dahulukan yang Utama - Prinsip Manajemen Pribadi

2. Kemenangan Publik
a. Berpikir Menang/Menang - Prinsip Kepemimpinan Interpersonal
b. Berusaha Mengerti Terlebih Dahulu, Baru Dimengerti - Prinsip Komunikasi Empatik
c. Wujudkan Sinergi - Prinsip Kerjasama Kreatif

3. Pembaharuan
a. Asahlah Gergaji - Prinsip Pembaharuan Diri yang Seimbang

Covey, S. R. 2013. 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif (Terjemah). Tangerang: Binarupa Aksara Publisher

Comments